PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT BERBASIS MULTIKULTURALISME UNTUK SISWA KELAS VIII SMP DI KOTA MEDAN

hasibuan, Novita Trianto (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT BERBASIS MULTIKULTURALISME UNTUK SISWA KELAS VIII SMP DI KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8156192022 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8156192022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8156192022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8156192022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8156192022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8156192022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8156192022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8156192022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8156192022 BAB I.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8156192022 BAB V.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8156192022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kelayakan bahan ajar keterampilan membaca cepat berbasis multikulturalisme, (2) hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Kota Medan yaitu pada SMP N 27 Medan dan SMP S Taman Harapan Medan pada materi keterampilan membaca cepat dengan pengembangan bahan ajar keterampilan membaca cepat berbasis multikulturalisme, dan (3) keefektifan bahan ajar keterampilan membaca cepat berbasis multikulturalisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, Siswa SMP di kota Medan pada SMP N 27 Medan dan SMP S Taman Harapan Medan, yaitu pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok terbatas. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 85,29% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 84,61% pada kriteria sangat baik, aspek bahasa dengan rata-rata kelayakan bahasa dengan rata-rata 86,53% dengan kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 85,83% dengan kriteria sangat baik. (3) Data tanggapan guru bahasa Indonesia dengan ratarata 94,16% dengan kriteria sangat baik. (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 89,2% pada kriteria sangat baik. (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 90% pada sekolah SMP Negeri 27 dan rata-rata 93,59 pasa sekolah Swasta Taman Harapan Medan dengan kriteria sangat baik. (6) uji coba kelompok terbatas dengan rata-rata 91% pada SMP Negeri 27 Medan dan rata-rata 94,35% pada sekolah SMP Swasta Taman Harapan Medan dengan kriteria sangat baik. (7) hasil belajar rata-rata siswa sebelum menggunakan bahan ajar dengan kecepatan membaca 158 kpm (belum tuntas) pada SMP Negeri 27 Medan dan hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar sebesar 223 kpm (tuntas), selanjutnya pada SMP Taman Harapan Medan terdapat kecepatan membaca 132 kpm (belum tuntas) sebelum menggunakan bahan ajar, dan kecepatan membaca sebesar 248 kpm setelah menggunakan bahan ajar. (8) keefektifan bahan ajar dengan kriteria baik. Dengan demikian bahan ajar keterampilan membaca cepat berbasis multikulturalisme yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Thesis advisorSumarsih, 195810211983032002
Call Number: 418.407 12 Has p
Keywords: Bahan ajar; Membaca cepat; Multikulturalisme
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Oct 2017 16:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26815

Actions (login required)

View Item View Item