PENGARUH PENERAPAN STRATEGI CTL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA SISWA KELAS IV SDIT KHAIRUL IMAM

Dalimunthe, Jusmayarni (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI CTL DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA SISWA KELAS IV SDIT KHAIRUL IMAM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156181042 COVER.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156181042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156181042 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156181042 PREFACE.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156181042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156181042 TABLES.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156181042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156181042 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156181042 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156181042 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156181042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual ( Contextual Teaching and Learning / CTL ) dan ekspositori terhadap hasil belajar IPS siswa. (2) Pengaruh perbedaan gaya belajar visual, auditori, dan kinesteti terhadap hasil belajar IPS siswa. (3) Interaksi antara strategi pembelajaran CTL dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah sebahagian peserta didik kelas IVa dan IVb serta IVc Sekolah Dasar SD IT Khairul Imamdan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVa untuk kelas eksperimen sebanyak 43 siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual dan untuk kelas kontrol kelas IVb sebanyak 42 siswa yang diajarkan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendekatan pembelajaran kontekstual memberikan hasil belajar peserta didik yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran Ekspositori, hal ini terlihat dari nilai hasil belajar rata – rata diperoleh peserta didik pada kelompok yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kontekstual mencapai X ̅ =23.9, sedangkan kelompok peserta didik yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Ekspositori mencapai X ̅ =20.1; (2) Kelompok peserta didik yang memiliki gaya belajar yang memiliki perbedaan secara signifikan. Hasil analisis varians untuk gaya belajar menunjukkan harga fh sebesar 5.947 lebih besar dari harga f1 sebesar 4.07 pada taraf signifikan α = 0,05 sehingga H0 ditolak pada taraf signifikan α = 0,05.; dan (3) Terdapat interaksi antara metode belajar dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, hal ini dijunjukkan bahwa fh=16.240> ft = 4.07.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHajar, Ibnu196305201987031004
Thesis advisorHidayat, 196208061990031002
Call Number: 372.959 8 Dal p
Keywords: Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran ekspositori; Hasil belajar; Gaya belajar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Oct 2017 09:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26776

Actions (login required)

View Item View Item