PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMAN 14 MEDAN T.A 2016/2017

Marpaung, Hikmatul Wasilah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMAN 14 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123121024 COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123121024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123121024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123121024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123121024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123121024 TABLES.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123121024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123121024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123121024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4123121024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123121024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation menggunakan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Dinamis di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-5 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang sudah divalidasi dan lembar penilaian aktivitias belajar siswa. Uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen 33,57 dan nilai pretes rata-rata kelas kontrol 33,00. Rata-rata postes untuk kelas eksperimen 81,43 dan kelas kontrol 74,57. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I = 63,80, pertemuan II = 69,21, pertemuan III = 78,10 dan pertemuan IV = 83,93 sehingga diperoleh rata-rata keseluruhannya adalah sebesar 73,76 dengan kategori sangat aktif. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak α = 0,05 dan dk = 68 diperoleh thitung > ttabel atau 4,32 > 1,67 maka hipotesis nol (Ho) ditolak maka (Ha) diterima. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation menggunakan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis kelas XI SMA N 14 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTanjung, Ratna196102251988032001
Call Number: SK-2017 FIS 193
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation, hasil belajar, media animasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics
Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Oct 2017 15:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26723

Actions (login required)

View Item View Item