EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Simanullang, Edi Kurniawan (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4133141017 COVER.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4133141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4133141017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4133141017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4133141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4133141017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4133141017 TABLES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4133141017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4133141017 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 4133141017 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4133141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran resource based learning teknik scaffolding efektif digunakan terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok sistem ekskresi manusia kelas XI IPA SMA Negeri 1 Labuhan Deli tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental, dengan pre-test dan post-test group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Labuhan Deli yang terdiri dari 3 kelas, dengan jumlah 91 orang dan sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 yang diambil secara purposive sampling (adanya pertimbangan Khusus). Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif 25 soal pilihan berganda yang telah di uji validitas nya. Selain tes hasil belajar, ada lembar observasi yang dibuat untuk memperoleh data tentang aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Nilai hasil belajar yang diperoleh pada saat pre-test adalah 52,8 dan setelah diterapkan model pembelajaran resource based learning teknik scaffolding lalu dilakukan post-test diperoleh nilai rata-rata 80,13. Nilai standart deviasi (SD) diperoleh 4,94. Hasil belajar yang diperoleh adalah 80,13% dengan kategori tinggi, tingkat penguasaaan materi siswa secara klasikal diperoleh 80,13% termasuk kategori tinggi, ketercapaian indikator pembelajaran tercapai dengan persentase 78,95% dan aktivitas siswa yang tergolong baik (79,96%). Berdasarkan indikator efektivitas pembelajaran tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran resource based learning teknik scaffolding efektif digunakan pada materi pokok sistem ekskresi manusia kelas XI IPA SMA Negeri 1Labuhan Deli tahun pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAryeni, 196808281993032001
Call Number: SK-2017 BIO 157
Keywords: RESOURCE BASED LEARNING, HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Oct 2017 15:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26718

Actions (login required)

View Item View Item