PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA SANTO PETRUS SIDIKALANG T.A 2016/2017

Sigalingging, Rijen (2017) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI MENGAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA SANTO PETRUS SIDIKALANG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133141092 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133141092 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133141092 PREFACE.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133141092 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133141092 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133141092 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133141092 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133141092 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133141092 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133141092 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133141092 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini rendahnya persepsi siswa tentang kompetensi mengajar, rendahnya minat belajar dan kurang memuaskan prestasi belajar yang dicapai siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi mengajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Swasta Santo Petrus Sidikalang T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah 125 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 20 butir untuk variabel persepsi siswa tentang kompetensi mengajar dan 20 butir untuk variabel minat belajar dan dokumentasi untuk data prestasi belajar. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 11,966 + 0,268X1+0,598X2. Hasil uji determinasi dari R2 adalah 0,624 dan uji-t diperoleh thitung=3,370 dengan taraf signifikan α 0,001<0,05 untuk hipotesis 1 dan thitung=4,423 dengan taraf signifikan α 0,000<0,05 untuk hipotesis 2. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung=47,253 dengan taraf signifikan α 0,000<0,005. Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) persepsi siswa tentang kompetensi mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar; 2) minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar; 3) persepsi siswa tentang kompetensi mengajar dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJohnson, 196111021987031001
Call Number: SK-2017 EKO 128
Keywords: Persepsi Siswa; Kompetensi Mengajar; Minat belajar; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Sep 2017 09:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26658

Actions (login required)

View Item View Item