PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE THINK TALK WRITE PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP N 27 MEDAN T.A 2016/2017

Sihombing, Nova Alwi (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE THINK TALK WRITE PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK DI KELAS VIII SMP N 27 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4131111027 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4131111027 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4131111027 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4131111027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4131111027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4131111027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4131111027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4131111027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4131111027 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 4131111027 BAB I.PDF - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 4131111027 BAB V.PDF - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 4131111027 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP N 27 Medan T.A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 27 Medan semester genap, yang terdiri dari 9 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yang dipilih secara acak dimana kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen TTW dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen TPS dengan masing-masing jumlah sampel 40 orang dalam tiap kelas. Penelitian ini menggunakan satu jenis instrumen yaitu post-test dalam bentuk essay. Dari hasil penelitian yang diberikan, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen TTW sebesar 70,3125 dan kelas eksperimen TPS memperoleh nilai rata-rata 64,6875. Dari hasil uji hipotesis post-test diperoleh thitung<ttabel (1,5857 < 1,667). Hal ini menunjukkan bahwa H0 diterima dan ditolak sehingga dapat dinyatakan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorFauzi, Muhammad Amin196406291993031001
Call Number: SK-2017 MAT 123
Keywords: Komunikasi matematis; TPS; TTW
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Sep 2017 10:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26652

Actions (login required)

View Item View Item