EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Bancin, Marta Ulina (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SIDIKALANG TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01.NIM 2133111047 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 2133111047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 2133111047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 2133111047 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 2133111047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 2133111047 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 2133111047 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 2133111047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2133111047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2133111047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media gambar peristiwa alam terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sidikalang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design yaitu model eksperimen semu yang melibatkan perlakuan berbeda terhadap satu kelas yang sama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sidikalang tahun pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 208 siswa dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 33 siswa, yakni kelas VII-4 untuk kelas pre-test dan post-test. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen atau alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai. Berdasarkan hasil pengolahan data yang diperoleh, data pre-test memperoleh rata-rata sebesar 63,33 dan standar deviasi sebesar 8,03 sedangkan data post-test memperoleh rata-rata 76,81dan standar deviasi sebesar 6,83. Uji normalitas data pretest diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,12 < 0,15dapat dinyatakan bahwa data pre-test berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas yang dilakukan pada data post-test diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,14 < 0,15 menunjukkan bahwa data post-test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai Fhitung < Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 yaitu 1,38 < 2,38, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 7,10 selanjutnya diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,03. Kriteria pengujian adalah jika harga thitung > ttabel atau 7,10 > 2,03 maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa (hipotesis alternatif), yakni “kemampuan menulis teks eksplanasi siswa yang diajarkan dengan menggunakan media gambar peristiwa alam lebih baik dibandingkan dengan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa tanpa menggunakan media gambar peristiwa alam”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas media gambar peristiwa alam terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151984031004
Thesis advisorHarahap, Rosmawaty196104201987032002
Call Number: SK-2017 IND 125
Keywords: Media Gambar Peristiwa Alam; Kemampuan Menulis; Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Sep 2017 16:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26646

Actions (login required)

View Item View Item