PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 6 MEDAN T.A 2016/2017

Damanik, Welni Julitra (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 6 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133111059 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133111059 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133111059 LEMBAR PENGESAHAN.PDF]
Preview
Text
2. NIM. 4133111059 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133111059 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133111059 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133111059 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133111059 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133111059 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133111059 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.4133111059 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. NIM.4133111059 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133111059 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133111059 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133111059 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133111059 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133111059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133111059 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4133111059 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4133111059 BAB I.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133111059 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133111059 BAB V.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4133111059 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4133111059 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis model discovery learning; (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberi pembelajaran berbasis model discovery learning menggunakan perangkat yang dikembangkan, (3) menemukan perangkat pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (define, design, develop dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-I pada Uji Coba I dan siswa kelas VII-E pada Uji Coba II SMP Negeri 6 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian RPP dan LAS untuk mengukur kevalidan, tes kemampuan pemahaman konsep, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kualitas kevalidan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid berdasarkan skor rata-rata RPP yaitu 4,25 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria Baik dan skor rata-rata LAS yaitu 4,18 dari skor maksimal 5,00 dengan kriteria baik; perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria keefektifan dengan: a) ketuntasan belajar secara klasikal telah melebihi batas minimal yaitu pada uji coba II sebesar 87%, b) ketercapaian indikator/ketuntasan tujuan pembelajaran telah tercapai untuk setiap indikator pada uji coba II, c) Kualitas kepraktisan perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis berdasarkan skor rata-rata angket respon siswa 3,95 dari maksimal 5,00 pada uji coba I dan 4,0 dari 5,00 pada uji coba II. Keterlaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu 88,7% pada uji coba I dan 93% pada uji coba II. d) waktu pembelajaran tidak melebihi pembelajaran biasa yaitu waktu sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba I dan uji coba II; kemampuan berpikir kreatif matematis siswa mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep pada uji coba I sebesar 70,1 meningkat sebesar 11,3 menjadi 81,4 pada uji coba II dan banyak siswa yang tuntas pada uji coba I 70% meningkat sebesar 16,6% menjadi 86,7% pada uji coba II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 122
Keywords: perangkat pembelajaran; discovery learning; kemampuan berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Sep 2017 11:06
Last Modified: 20 Sep 2017 07:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26607

Actions (login required)

View Item
View Item