PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED DENGAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA SWASTA SANTO PETRUS MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Nababan, Ruth Magdalena (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM OPEN ENDED DENGAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA SWASTA SANTO PETRUS MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM.  7133341094 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 7133341094 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 7133341094 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 7133341094 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (819kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 7133341094 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 7133341094 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 7133341094 PREFACE.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 7133341094 PREFACE.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 7133341094 TABLE OF CONTEN.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 7133341094 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 7133341094 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 7133341094 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 7133341094 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 7133341094 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 7133341094 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 7133341094 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM. 7133341094 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09. NIM. 7133341094 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7133341094 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7133341094 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7133341094 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7133341094 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hasil Belajar Ekonomi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Open Ended (POE) dengan media Handout lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajarkan menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X IIS SMA Swasta Santo Petrus Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Santo Petrus Medan yang beralamat di Jalan Luku 1 No 1 Medan Johor, Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Swasta Santo Petrus Medan yang berjumlah 70 orang. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling, sebagai kelas eksperimen X IIS 1 sebanyak 36 orang dan X IIS 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 34 orang. Teknik pengumpulan data adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 butir soal. Teknik analisis data melalui uji normalitas menggunkan normalitas Liliefors, homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis dengan uji t dengan criteria terima hipotesis apabila menunjukkan thitung > ttabel pada α = 0,05.
Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test siswa kelas eksperimen = 38,33 dengan SD = 9,02 dan nilai rata-rata post test siswa setelah menggunakan model POE dengan media Handout 80,14 dengan SD = 7,60. Sedangkan rata-rata pre test siswa kelas kontrol = 34,56 dengan SD = 7,72 dan nilai rata-rata post test = 62,06 dengan SD = 9,62. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar distribusi normal (Lhitung<Ltabel) dan homogen (Fhitung<Ftabel) untuk uji hipotesis diperoleh thitung = 8,734 dan ttabel = 1,669. Maka hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 8,734 > 1,669 yang berarti hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Open Ended dengan media Handout lebih tinggi dibandingkan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X IIS SMA Swasta Santo Petrus Medan Tahun Ajaran 2016/2017/

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 EKO 090
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Open Ended, Handout
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Sep 2017 09:22
Last Modified: 20 Sep 2017 02:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26578

Actions (login required)

View Item
View Item