PENGARUH PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TEHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Wulandari, Poppy (2017) PENGARUH PENGGUNAAN FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING TEHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7133341040 COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7133341040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7133341040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7133341040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7133341040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7133341040 TABLES.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7133341040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7133341040 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7133341040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7133341040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7133341040 BIBLIOGHRAPHY.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan facebook sebagai media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS berjumlah 155 siswa. Dengan pengambilan sampel secara acak sederhana maka sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IIS 1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan facebook sebagai media pembelajaran e-learning dan kelas X IIS 2 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan media pembelajaran konvensional (buku materi ajar). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar mata pelajaran ekonomi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan facebook sebagai media pembelajaran e-learning adalah pre-test sebesar 34,19 dan post-test sebesar 70,64 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran buku materi ajar adalah pre-test sebesar 29,67 dan post-test sebesar 65. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,12 > 1,67 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan facebook sebagai media pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasir, Muhammad195510211982011001
Call Number: SK-2017 EKO 086
Keywords: Facebook; E-Learning; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Sep 2017 17:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26545

Actions (login required)

View Item View Item