Sari, Devita (2017) PENGARUH MODEL GUIDED NOTE TAKING DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SOS SMA PANCA BUDI MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7131141024 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. 7131141024 APPROVAL SHELT.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
3. 7131141024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
4. 7131141024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. 7131141024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. 7131141024 TABLES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. 7131141024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. 7131141024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. 7131141024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
13. 7131141024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. 7131141024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi terutama dalam hal kemampuan menganalisis siswa kelas XI Sos SMA Panca Budi Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided note taking didukung media visual terhadap kemampuan menganalisis pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI Sos SMA Panca Budi Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Panca Budi Medan T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Panca Budi Medan yang berjumlah 68 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas XI Sos 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas XI Sos 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar pada tingkatan kemampuan menganalisis dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 30 soal yang terlebih dahulu diuji cobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal tersebut. Setelah itu diperoleh 20 soal yang dianggap valid dan digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa tingkatan kemampuan menganalisis yang diajarkan dengan model guided note taking didukung media visual (rata-rata = 80,14, SD = 7,01) lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan menggunakan model konvensional (rata-rata = 73,03, SD = 8,09). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1+n2 – 2 pada taraf α = 0.05. dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung = 3,88, dan ttabel = 1,669. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,88 > 1,669) yang berarti hipotesis diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model guided note taking didukung media visual terhadap kemampuan menganalisis pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI Sos SMA Panca Budi Medan T.P 20162017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 083 |
Keywords: | Kemampuan Menganalisis; Media Visual; Model Guided Note Taking |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 08:57 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26497 |