PERBANDINGAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN LEARNING TOGETHER BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL PADA MATERI REAKSI REDOKS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA

Samosir, Agustrini (2017) PERBANDINGAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN LEARNING TOGETHER BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL PADA MATERI REAKSI REDOKS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 4131131002 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4131131002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4131131002 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4131131002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4131131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4131131002 TABLES.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4131131002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4131131002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4131131002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4131131002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 4131131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe LT dengan tipe TAI berbantuan kartu soal; (2) perbedaan motivasi tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe LT dengan tipe TAI berbantuan kartu soal terhadap hasil belajar siswa; (3) interaksi antara kedua model pembelajaran dengan motivasi siswa terhadap hasil belajar kimia siswa; dan (4) hubungan antara motivasi siswa dengan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 9 Medan, sebanyak 4 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, dimana kelas pertama diberikan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TAI berbantuan kartu soal sedangkan kelas kedua diberikan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe LT berbantuan kartu soal. Teknik pengambilan sampel data siswa dilakukan dengan tehnik purposive sampling. Dalam penelitian ini digunakan rancangan ANAVA (faktorial) 2x2. Untuk memperoleh data hasil penelitian digunakan instrumen tes hasil belajar berupa essay test. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu distandarisasi oleh validator ahli dan siswa. Hasil standarisasi menunjukkan bahwa instrumen tes telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) data terdistribusi normal (A1B1 8,95; A1B2 7,80; A2B1 10,42; dan A2B2 3,31) dan homogen (1,83< 2,48) ; (2) hasil hipotesis (Faktor A 194,11>4,01 Ha Diterima, Faktor B 0,00125<4,01 Ha Ditolak, Faktor AB 0,10<4,01 Ha Ditolak) (3) uji korelasi (kelas eksperimen I 0,733 dan eksperimen II 0,402). Diperoleh kesimpulan bahwa siswa yang bermotivasi rendah dan diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe LT (76,03 ±3,6940) berbantuan media kartu soal memberikan rataan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (75,68± 4,1220)) berbantuan media kartu soal. Siswa yang bermotivasi tinggi yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe LT (89,37± 3,08) berbantuan media kartu soal memberikan rataan hasil belajar yang lebih rendah dibandingkan dengan model kooperatif tipe TAI (89,64± 4,1754) berbantuan media kartu soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilaban, Saronom198011132008121003
Call Number: SK-2017 KIM 079
Keywords: Model kooperatif tipe TAI; Model kooperatif tipe LT; Motivasi; Hasil belajar siswa; Media kartu soal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 15 Sep 2017 10:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26424

Actions (login required)

View Item View Item