PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017

Hasibuan, Rabithah (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4133311014 COVER_docx.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4133311014 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4133311014 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4133311014 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4133311014 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4133311014 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4133311014 ABSTRAK_docx.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4133311014 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4133311014 KATA PENGANTAR_doc.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4133311014 KATA PENGANTAR_doc.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4133311014 DAFTAR ISI_docx.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4133311014 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4133311014 DAFTAR TABEL_docx.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4133311014 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4133311014 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4133311014 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4133311014 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4133311014 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4133311014 BAB I_docx.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4133311014 BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4133311014 BAB V_docx.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4133311014 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4133311014 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4133311014 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada model pembelajaran Discovery Learning di kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Dicovery Learning, sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 8 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G (kelas eksperimen I) sebanyak 31 orang dan kelas VIII-H (kelas eksperimen II) sebanyak 31 orang. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil pretest kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis bisa memberikan perlakuan kepada kedua sampel. Dari hasil analisis data pretest-posttes dengan menggunakan uji-t pada taraf α=0,05 diperoleh t_hitung>t_(tabel )yaitu 1,955>1,677 sehingga H_o ditolak dan H_a diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada model pembelajaran Discovery Learning di kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 083
Keywords: Kemampuan pemecahan masalah; Model pembelajaran Problem Based Learning; Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Sep 2017 16:49
Last Modified: 14 Sep 2017 01:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26402

Actions (login required)

View Item
View Item