PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA

Nugroho P W, Dimas (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123131018 Cover_docx.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123131018 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123131018 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123131018 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123131018 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123131018 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123131018 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123131018 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123131018 BAB I_docx.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4123131018 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123131018 DAFTAR PUSTAKA (revisi)_docx.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview

Abstract

Penelitian quasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) menggunakanan media power point lebih tinggi dari hasil belajar dengan model PBL tanpa media power point pada Larutan asam basa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Budi Agung Medan yang terdiri dari 3 kelas, dan sampel diambil dari populasi sebanyak 2 kelas secara random sampling, yaitu kelas XI IPA3sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol.. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes bentuk objektif berjumlah 22 soal yang sudah valid pada tingkat reliabel 0,64. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen 26,07 dan kelas kontrol 33,03, sementara nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 64,5 dan kelas kontrol 63,21. Uji normalitas data diperoleh χ2hitung < χ2tabel , maka data berdistribusi normal, uji homogenitas diperoleh Fhitung< Ftabel yakni 1,077455 < 1,9775 , maka kedua sampel homogen. Gain hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, yaitu 52,38 % > 45,72 %. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yakni 0,949 > 0,6794 , yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa pada materi Larutan asam basa mealui penerapan model berbasis PBL menggunakan media power point lebih tinggi dari penerapan model berbasis PBL tanpa media power point , dan aspek kognitif yang paling berkembang adalah C3 (aplikasi) sebesar 58 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNainggolan, Bajoka196008151985031002
Call Number: SK-2017 KIM 074
Keywords: Problem based learning; Media power point; Hasil belajar; Larutan asam basa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Sep 2017 16:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26385

Actions (login required)

View Item View Item