PEMBELAJARAN ANSAMBEL STRING PADA ANAK-ANAK TINGKAT AWAL DI AVIA CANTATA SCHOOL OF MUSIC AND ART JL. SETIA BUDI NO.43 MEDAN

Wahyuni, Sry (2017) PEMBELAJARAN ANSAMBEL STRING PADA ANAK-ANAK TINGKAT AWAL DI AVIA CANTATA SCHOOL OF MUSIC AND ART JL. SETIA BUDI NO.43 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123140073 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123140073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123140073 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2123140073 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2123140073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2123140073 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2123140073 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2123140073 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2123140073 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2123140073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran ansambel string pada anak-anak tingkat awal di Avia Cantata School Of Music And, untuk mengetahui bagaimana kemampuan anak-anak yang mengikuti pembelajaran ansambel string di Avia Cantata School Of Music And, dan untuk mengetahui hambatan dalam pembelajaran ansambel string pada anak-anak di Avia Cantata School Of Music And. Penelitian ini berdasarkan landasan teoritis yang menjelaskan teori pembelajaran, pengertian ansambel, pengertian instrumen musik, pengertian string, teori kemampuan, dan teori hambatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah satu orang pengajar dan seluruh murid yang mengambil kelas ansambel string pada anak-anak tingkat awal yang berjumlah 10 orang. pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi atau pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Setelah keseluruhan data terkumpul, kemudian dianalisis untuk menjawab seluruh pertanyaan penulis. Proses pembelajaran dilakukan selama 60 menit. 10 menit digunakan untuk penyeteman instrumen, 10 menit untuk pemanasan, dan 40 menit untuk praktek atau latihan. Dalam proses pembelajaran ansambel string pada anak-anak tingkat awal di Avia Cantata School Of Music And materi yang digunakan merupakan lagu anak-anak yang telah diaransemen oleh pengajar ansambel string. Murid dikatakan mampu apabila murid mampu memainkan instrumen secara kelompok dalam bermain ansambel string, mampu memainkan instrumen dengan intonasi yang tepat, mampu memainkan seluruh materi, dan murid mampu bermain instrumen secara kelompok ansambel string dengan harmonisasi yang baik. Kendalanya ialah adanya perbedan tingkat kemampuan antar murid, saat proses pembelajaran ada beberapa murid yang asik mengobrol dan kurang fokus, sebagian murid belum tepat dalam menempatkan penjarian, sehingga intonasi yang dihasilkan kurang jelas dan pengajar harus memperbaiki posisi jari murid secara personal, dan terkadang pada saat kelas ansambel string ada murid yang tidak hadir sehingga pembelajaran sulit untuk berkembang cepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorWidiastuti, Uyuni197106072005022001
Thesis advisorWiflihani, 197810122005012002
Call Number: SK-2017 MSK 015
Keywords: Pembelajaran; Ansambel; String
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Sep 2017 16:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26378

Actions (login required)

View Item View Item