PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TWO STAY TWO STRAY DAN JIGSAW PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2016/2017

Salvina, Lia (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN TWO STAY TWO STRAY DAN JIGSAW PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4132141011 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4132141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4132141011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4132141011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4132141011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4132141011 TABLE OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4132141011 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4132141011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4132141011 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4132141011 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4132141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Jigsaw pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 11 Medan tahun pembelajaran 2016/2017.Jenis penelitian ini merupakan Quasi experiment (eksperimen semu). Sampel penelitian di ambil secara random sampling (sampel acak). Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X IPA 6 yang berjumlah 38 orang sebagai kelas Two Stay Two Stray dan kelas X IPA 5 yang berjumlah 38 orang sebagai kelas Jigsaw. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 30 soal yang telah di validasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model Two Stay Two Stray adalah 80,34 ± 9,04 lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Jigsaw dengan rata-rata 75,82 ± 8,69. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung>ttabel (2,224> 1,995), yang berarti dalam penelitian ini H0 di tolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan Jigsaw pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 11 Medan tahun pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDjulia,, Ely196607241991032012
Thesis advisorHasanah,, Uswatun196103011988032002
Call Number: SK-2017 BIO 110
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Two Stay Two Stray; Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology > QL951 Embryology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Sep 2017 11:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26324

Actions (login required)

View Item View Item