PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X AP SMK TAMAN SISWA MEDAN T.P 2016/2017

Harahap, Tika Melianti Putri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X AP SMK TAMAN SISWA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7132141040 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7132141040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7132141040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7132141040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7132141040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7132141040 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7132141040 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7132141040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7132141040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7132141040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7132141040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui apakah hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi dibanding hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas X AP SMK Taman Siswa Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X AP SMK Taman Siswa Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Taman Siswa Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling yang terdiri dari kelas eksperimen I (X AP I) dan eksperimen II (X AP II) yang masing-masing populasinya terdiri dari 26 siswa dan diambil penarikan sampel masing-masing 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telas diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test dengan model pembelajaran Inquiry = 38,46 dan 83,65 dan hasil rata-rata pre test dan post test model pembelajaran Think Pair Share = 36,73 dan 79,23. Hipotesis penelitian ini diuji t dan diperoleh thitung sebesar 2,696 sedangakan ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata α = 0,05 yaitu thitung > ttabel maka hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Inquiry lebih tinggi secara signitifikan dari pada hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas X AP SMK Taman Siswa Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisor, Dr. Hasyim, S.A,g., SE., MM19650125 200501 1 001
Call Number: SK-2017 ADP 040
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY;THINK PAIR SHARE;HASIL BELAJAR KEARSIPAN
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ2240 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ5309 Administrative fees. User charges. License fees
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Sep 2017 16:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26155

Actions (login required)

View Item View Item