PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL SISWA DI SMAN 10 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Harahap, Putri Fadhila (2017) PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN MORAL SISWA DI SMAN 10 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3133311050 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3133311050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3133311050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3133311050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3133311050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3133311050 TABLES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3133311050 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3133311050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3133311050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3133311050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan kecerdasan moral siswa di SMAN 10 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 10 Medan yang berjumlah 260 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 51 orang siswa dengan mengambil 20% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik sampel acak. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan di SMAN 10 Medan dengan subjek penelitian murid dan guru dalam peningkatan kecerdasan moral siswa dari sikap yang berkarakter bahwa adanya peningkatan kecerdasan moral terbukti dapat membentuk sikap yang berkarakter didalam diri peserta didik. Secara keseluruhan murid sudah mengerti akan pentingnya kecerdasan moral seperti menghormati orang yang lebih tua,adil, memiliki rasa hormat, berempati, menjadi diri sendiri, memperlakukan orang dengan cara yang sama, dan rela berkorban. Guru PKn di SMAN 10 Medan juga cukup berperan dalam peningkatan kecerdasan moral siswa dalam mengembangkan sikap berkarakter sesuai dengan materi pelajaran di PKn.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMelianti, Yusna195910081985112001
Call Number: SK-2017 PKN 025
Keywords: PKn, Guru, Kecerdasan Moral
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Sep 2017 11:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26091

Actions (login required)

View Item View Item