PERAN GURU PKN DALAM MEWUJUDKAN CIVIL SOCIETY SISWA KELAS XI SMA TELADAN PEMATANG SIANTAR MELALUI PARADIGMA BARU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Purba, Eliana (2017) PERAN GURU PKN DALAM MEWUJUDKAN CIVIL SOCIETY SISWA KELAS XI SMA TELADAN PEMATANG SIANTAR MELALUI PARADIGMA BARU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 3133311003 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 3133311003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 3133311003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 3133311003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 3133311003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 3133311003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 3133311003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 3133311003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 3133311003 BAB I.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 3133311003 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 3133311003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam mewujudkan civil societysiswa kelas XI di SMA Teladan melalui paradigma baru pendidikan kewarganegaraan. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Teladan Pematangsiantar dan Guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Teladan Pematangsiantar. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian terdiri dari dua yaitu satu orang Guru PKn SMA Teladan Pematangsiantar dan siswa kelas XI SMA Teladan berjumlah 189 orang diambil secara random sampling(acak sederhana) dari seluruh kelas XI yaitu 38 siswa dengan mengambil 20% dari jumlah populasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun yang menjadi teknik analisis data yaitu dengan menggunakan rumus persentasi. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru cukup berperan dalam mewujudkan civil society siswa kelas IX SMA Teladan Pematang siantar melalui paradigma baru pendidikan kewarganegaraan adalah 74,6%. Dalam mewujudkan civil societymelalui pendidikan khususnya pendidikan kewarganegaraan, guru harus mampu melaksanakan perananya melaui kompetensi yang dimiliki sertadikembangkan oleh guru PKn dalam proses belajar dan mengajar. Tiga komponen kewarganegaraan yaitu dengan mengembangkan civic knowladge, civic skills, civic dispotition. Dengan hal tersebut, maka terwujudlah civil societyditunjukan melalui keadaan warga negaranya yang mandiri, siswa yang merupakan warga negara akan mampu bersaing serta mengetahui sejauh mana hak serta kewajibannya sebagai warga negara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSETIAWAN, DENY196803081993031003
Call Number: SK-2017 PKN 032
Keywords: PERAN, GURU PKn, CIVIL SOCIETY, PARADIGMA BARU PKn
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2350 Large industry. Factory system. Big business > HD2951 Cooperation. Cooperative societies
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Sep 2017 11:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26085

Actions (login required)

View Item View Item