PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAMS GAMES TOGETHER (TGT) BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN

Nurhakiki, (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAMS GAMES TOGETHER (TGT) BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133311040 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133311040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133311040 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133311040 ABSTACT.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133311040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133311040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133311040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133311040 TABELS.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133311040 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 4133311040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133311040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 4133311040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Medan ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematik siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan GeoGebra dan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan GeoGebra di kelas VII T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan T.A 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VII-B yang berjumlah 27 orang yang memperoleh pembelajaran koooperatif tipe STAD sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII-A yang berjumlah 24 orang yang memperoleh pembelajaran koooperatif tipe TGT sebagai kelas eksperimen II. Penentuan sampel dilakukan secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk uraian sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan valid. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematik siswa yang memperoleh pembelajaran koooperatif tipe STAD berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran koooperatif tipe TGT berbantuan GeoGebra pada materi jajargenjang dan belah ketupat di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan T.A 2016/2017, dengan dan pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 49. Karena yaitu maka dapat disimpulkan bahwa diterima yang berarti bahwa Kemampuan penalaran matematik siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan GeoGebra pada materi jajrgenjang dan belah ketupat di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan. Rata-rata nilai postes kelas eksperimen I lebih tinggi daripada rata-rata nilai postes kelas eksperiemen II dengan rata-rata nilai postes kelas eksperimen I yaitu 75,66518519 dengan standar deviasi dan rata-rata nilai postes kelas eksperimen II yaitu dengan standar deviasi .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSamosir, Katrina196308281989032003
Call Number: SK-2017 MAT 102
Keywords: KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA, STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), TEAMS GAMES TOGETHER (TGT), GEOGEBRA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Sep 2017 11:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26075

Actions (login required)

View Item View Item