Retno, Laras Wido (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI GENETIKA DI KELAS XII IPA SMA ASY-SYAFI'IYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132141010 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 41321410010 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 4132141010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
4. NIM. 4132141010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
5. NIM. 4132141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
6. NIM. 4132141010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4132141010 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 4132141010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4132141010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
13. NIM. 4132141010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
14. NIM. 4132141010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi pokok genetika dari aspek kemampuan kognitif , indikator pembelajaran dan kesulitan belajar siswa dari faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dieklas XII IPA SMA Swasta Asy-Syafi’iyah Medan Tahun pembelajaran 2016/2017. Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Swasta Asy-Syafi’iyah Medan yang berjumlah 56 orang. Sampel diambil secara total. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa pada materi genetika dan non tes berupa angket kesulitan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek kemampuan kognitif yaitu persentase siswa yang menjawab soal C1 sebesar 44,67% siswa mengalami kesulitan dalam menjawab diikuti soal C2 adalah 45,25%, soal C3 adalah 52%, soal C4 adalah 41,25%, soal C5 adalah 52% dan soal C6 adalah 46%. Presentase kesulitan belajar siswa terhadap indikator pembelajaran genetika diperoleh indikator 1 memiliki rata-rata 52,66%,dengan rata-rata kesulitan belajar sebesar 54,8% untuk indikator 2 selanjutnya untuk data terakhir indikator 3 dengan rata-rata nilai kesulitan belajarnya yaitu 47,3%. Faktor-faktor kesulitan belajar siswa yang mendukung adalah faktor internal yaitu khususnya kurangnya minat siswa dalam memahami materi genetika dan materi genetika merupakan materi yang kurang menarik selanjutnya faktor eksternal dimana lingkungan rumah yang kurang meberikan perhatian lebih kepada siswa khususnya orang tua ketika siswa mengalami kesulitan belajar, dan faktor lingkungan sekolah dimana sarana dan prasarana yang kurang memadai dalam mempelajari materi genetika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 135 |
Keywords: | kognitif, kesulitan belajar, genetika, faktor kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 14:45 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 08:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26070 |