PERALIHAN PERMAINAN TRADISIONAL ANAK-ANAK PADA ERA MODERN DI KELURAHAN PASAR BATU GERIGIS KECAMATAN BARUS KABUPATEN TAPANULI TENGAH

Sihite, Windi Hastuti (2017) PERALIHAN PERMAINAN TRADISIONAL ANAK-ANAK PADA ERA MODERN DI KELURAHAN PASAR BATU GERIGIS KECAMATAN BARUS KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 Nim 3131122048 Cover.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Nim 3131122048 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Nim 3131122048 Abstract.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Nim 3131122048 Acknowledment.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Nim 3131122048 Table of Content.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Nim 3131122048 Table.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Nim 3131122048 Illustration.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Nim 3131122048 Chapter I.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 Nim 3131122048 Chapter V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 Nim 3131122048 References.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor-faktor penyebab peralihan permainan tradisional ke permainan modern, (2) jenis permainan tradisional maupun modern yang teridentifikasi, (3) persepsi orang tua tentang peralihan permainan tradisional ke permainan modern, (4) dampak peralihan dari permainan tradisional anak ke permainan modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data (observasi dan wawancara) dan data sekunder melalui studi kepustakaan dan dokumentasi visual. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa permainan tradisional dipahami sebagai sebuah permainan yang sudah lama ada yang ditandai dengan peralatan yang masih sederhana, dimainkan secara beramairamai, serta belum tersentuh dengan perangkat teknologi modern. Sementara itu permainan modern dimaknai sebagai sebuah permainan yang sering dimainkan di komputer atau perangkat lain yang bersentuhan dengan teknologi modern seperti game-game yang ada di komputer yang juga bisa terhubung dengan koneksi internet yakni game online atau game center dan game yang bisa terhubung dengan media televisi dengan melalui video yakni game playstation atau rental playstation. Perkembangan teknologi yang semakin modern saat ini turut mengubah pilihan permainan anak-anak dari permainan tradisional beralih ke permainan modern yang ternyata mempunyai dampak yakni mengurangi interaksi anak kepada teman-temannya, tempat bermain semakin terbatas, mahalnya biaya permainan, bersifat individu dan agresif, kualitas belajar menurun, kesehatan tubuh menurun, dan menghilangkan kejujuran dalam diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimarmata, Tumpal1955507071980031026
Call Number: SK-2017 ANTRO 101
Keywords: PERALIHAN, PERMAINAN TRADISIONAL, ERA MODERN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301 Ethnology. Social and cultural anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN406 Cultural traits, customs, and institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Sep 2017 11:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26054

Actions (login required)

View Item View Item