PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS STRATEGI METAKOGNITIF MENGGUNAKAN MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP N 4 SEI SUKA

Basra, Mutia (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS STRATEGI METAKOGNITIF MENGGUNAKAN MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP N 4 SEI SUKA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156171018 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156171018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156171018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156171018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156171018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156171018 TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156171018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156171018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156171018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156171018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 2) mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 3) mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan 4) mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), produk yang dihasilkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, buku guru, buku siswa, lembar aktivitas siswa, tes kemampuan penalaran matematis dan angket kemandirian belajar. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis strategi metakognitif menggunakan masalah kontekstual ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 dan VIII-1 SMP Negeri 4 Sei Suka. Dari hasil uji coba lapangan I dan uji coba lapangan II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, 2) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis, 3) tidak terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa, 4) jenis kesalahan jawaban yang sering dilakukan siswa adalah kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan konsep dan kesalahan mengorganisasikan data.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvis196312251988031004
Call Number: 510.071 2 Bas p
Keywords: Perangkat Pembelajaran; Strategi Metakognitif; Masalah Kontekstual; Model Pengembangan 4-D; Kemampuan Penalaran Matematis; Kemandirian Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Sep 2017 16:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26048

Actions (login required)

View Item View Item