PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2016/2017

Simanjorang, Lestiana (2017) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7133141051 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7133141051 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7133141051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7133141051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133141051 TABLE OF CONTENT. pdf.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7133141051 TABLES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7133141051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 7133141051 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7133141051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7133141051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7133141051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dikelas XI SMA Negeri 4 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan Kolaborasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Word Square lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Medan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Medan, jl. Gelas no. 12 Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 204 orang. Sampel yang digunakan, kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas terdiri dari 37 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan uji Liliefors, Uji homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukkan t>t pada α = 0,05. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pretest = 64,05 ; SD = 13,99 dan postes = 80 ; SD = 6,87. Sedangkan kelas kontrol pretes = 62,97 ; SD = 14,97 dan postest adalah = 75,68 ; SD = 8,43. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 2,44 sedangkan ttabel = 1,67. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,44 > 1,67 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan Kolaborasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Word Square lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMardhiyah, Ainul197804182008012019
Call Number: SK-2017 EKO 058
Keywords: Model pembelajaran; Students teams achievement division; Word square; Hasil belajar ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 Sep 2017 16:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26040

Actions (login required)

View Item View Item