PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA LINGKUNGAN SEKOLAH DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN AJARAN 2016/2017

Butarbutar, Dorti (2017) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA LINGKUNGAN SEKOLAH DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7132141012 COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7132141012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7132141012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7132141012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7132141012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7132141012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7132141012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7132141012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7132141012 BAB I.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7132141012 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7132141012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan disiplin belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelittian ini adalah sebanyak 108 orang, dengan jumlah sampel yaitu 86 orang dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus Product Moment Pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Kemudian dilakukan uji asumsi klasik, dan selanjutnya dianalisis dengan uji regresi, uji t (uji parsial), uji f (uji simultan), dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel lingkungan keluarga (X1) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0,118 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung>ttabel yaitu 3,465>1,988. Sedangkan variabel lingkungan sekolah (X2) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0,558 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung>ttabel yaitu 7,608>1,988, kemudian variabel disiplin belajar (X3) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0,292 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung>ttabel yaitu 3,899>1,988. Sementara secara simultan variabel XI,X2, dan X3 memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan F hitung yang sebesar 142,179 yang lebih besar dari F tabel yaitu sebesar 3,11. Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan disiplin belajar memiliki determinasi sebesar 83,3% terhadap prestasi belajar, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRuslan,, Dede196507041990031002
Call Number: SK-2017 EKO 116
Keywords: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 31 Aug 2017 10:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25973

Actions (login required)

View Item View Item