PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Simanjuntak, Tetty (2017) PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133341110 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133341110 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133341110 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133341110 PREFACE.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133341110 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133341110 TABLES.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133341110 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133341110 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133341110 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133341110 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133341110 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh keharmonisan keluarga dan lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Dharma Pancasila Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga dan lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Dharma Pancasila Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Dharma Pancasila Medan Jl. Dr.Mansyur No.71-C Medan Selayang T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Dharma Pancasila Medan yang berjumlah 52 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yaitu 52 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Y= 25,571 + 0,417X1 + 0,523X2 berarti ada pengaruh positif dan signifikan. Apabila keharmonisan keluarga meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,417 persen dan apabila lingkungan tempat tinggal meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,523 persen. Pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel keharmonisan keluarga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil thitung > ttabel (4,479 > 1,676) dengan nilai signifikansi 0,00 < α 0,05 dan lingkungan tempat tinggal juga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil thitung > ttabel (5,857 > 1,676) dengan nilai signifikansi 0,00 < α 0,05. Hasil perhitungan statistik secara bersama-sama (uji F) menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga dan lingkungan tempat tinggal secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil fhitung > ftabel (153,528 > 3,19) dengan nilai signifikansi 0,00 < α 0,05. Variabel keharmonisan keluarga dan lingkungan tempat tinggal memberikan sumbangan atau kontribusi sebesar 0,862 atau 86,2% terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMardhiyah, Ainul197804182008012019
Call Number: SK-2017 EKO 054
Keywords: Keharmonisan keluarga; Lingkungan tempat tinggal; Prestasi belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Aug 2017 14:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25951

Actions (login required)

View Item View Item