PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DIKIELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN T.P 2016/2017

Desvianita, Putri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DIKIELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4133321058COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4133321058COVER.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4133321058LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 4133321058LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4133321058ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 4133321058ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4133321058KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 4133321058KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4133321058DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 4133321058DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 6. 4133321058DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. 4133321058DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. 4133321058DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. 4133321058DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. 4133321058DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 4133321058DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4133321058BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 4133321058BAB I.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 13. 4133321058BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 4133321058BAB V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4133321058DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 4133321058DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fluida Dinamis Dikelas XI Semester II SMA Negeri 9 Medan T.P 2016/2017” bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model Cooperative Learning berbasis Discovery Learning dan pembelajaran konvensional, dan pengaruh yang signifikan menggunakan model Cooperative Learning berbasis Discovery Learning. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen XI MIA1 dan kelas kontrol XI MIA2 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar. Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 27 dengan standar deviasi 7,14 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 24,33 dengan standar deviasi 9,53. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel = 1,23 < 2,002 maka H0 diterima, berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model cooperative learning berbasis discovery learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 78,33 dengan standar deviasi 8,24 dan kelas kontrol 72,67 dengan standar deviasi 8,68. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel = 2,60 > 2,002 sehingga Ha diterima. Dengan demikian, diperoleh bahwa hasil belajar siswa menggunakan model cooperative learning berbasis discovery learning lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi pokok fluida dinamis kelas XI semester genap di SMA N 9 Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 097
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning berbasis Discovery Learning; Konvensional; hasil belajar; fluida dinamis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Aug 2017 10:01
Last Modified: 05 Sep 2017 09:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25923

Actions (login required)

View Item
View Item