PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA N 2 KABANJAHE

Riantama, Dalianus (2017) PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA N 2 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM.7133141013 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM.7133141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM.7133141013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM.7133141013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM.7133141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM.7133141013 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM.7133141013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM.7133141013 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM.7133141013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.7133141013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.7133141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya disiplin dan lingkungan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah disiplin dan lingkungan belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas kelas X di SMA N 2 Kabanjahe T.P. 2016/2017. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMA N 2 Kabanjahe T.P. 2016/2017 yang berjumlah 330 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel 82 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus croanbach alpha. Uji Asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan determinasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 21.0, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 25.826 + 0.202 X1 + 0.402 X2 + e. Variabel disiplin (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig < 0.05 atau 0.000 < 0.05 dan thitung > ttabel dimana 3.772 > 1.666, dan variabel lingkungan belajar (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig < 0.05 atau 0.000 < 0.05 dan thitung > ttabel dimana 8.448 > 1.666. Secara bersama-sama disiplin dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig < 0.05 dimana 0.000<0.05. Persentase disiplin dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 59.2%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji parsial disiplin dan lingkungan belajar masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Secara uji simultan disiplin dan lingkungan belajar masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJohnson, 196111021987031001
Call Number: SK-2017 EKO 047
Keywords: Disiplin belajar; Lingkungan belajar; Prestasi belajar siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Aug 2017 13:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25895

Actions (login required)

View Item View Item