PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

Sagala, Sari Kristina (2017) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 7133141099 COVER SARI KRISTINA SAGALA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 7133141099 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 7133141099 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 7133141099 PREFACE.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.7133141099 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 7133141099 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.7133141099 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 7133141099 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.7133141099 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 7133141099 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 7133141099 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya Prestasi belajar dalam mata pelajaran Pengantar ekonomi dan Bisnis”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan Jalan STM No 12 E Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswakelas XI Akuntansi di SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 74 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh maka pengolahan data menggunakan regresi linier berganda melalui aplikasi SPSS, diperoleh nilai koefisien regresi Pendapatan orangtua (b1) sebesar 8,703, Koefisien regresi Pendidikan Ayah (b2) sebesar 2,66. Koefisien regresi Pendidikan Ibu (b3) sebesar 0,991 dan konstanta regresi a = 68,965. Dengan menggunakan Uji t Pendapatan orangtua (X1) dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung = 4,864 > ttabel = 1,670. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pendapatan orangtua (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pengantar ekonomi dan bisnis (Y). Uji t Pendidikan Ayah (X2) dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung = 7,896 > ttabel = 1,670. Sedangkan Uji t Pendidikan Ibu (X3) dengan diperoleh thitung = 3,020 > ttabel = 1,670. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pendidikan Ayah (X2) dan Variabel Pendidikan Ibu (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pengantar ekonomi dan bisnis (Y).Sementara itu Uji F dilakukan dengan membandingkan antara hasil Fhitung dengan Ftabel. Diperoleh nilai Fhitung 146,730 sedangkan Ftabel dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai Ftabel = 3,97 (Tabel F Statistics). Dapat diketahui yaitu Fhitung = 146,730 > Ftabel 3,97.sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Pendapatan orangtua (X1), Pendidikan Ayah(X2) dan Pendidikan Ibu (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pengantar ekonomi dan bisnis siswa (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRuslan, Dede196507041990031002
Call Number: SK-2017 EKO 041
Keywords: Pendapatan Orangtua; Pendidikan Orangtua; Prestasi belajar pengantar ekonomi dan Bisnis; Analisis regresi linier berganda
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Aug 2017 14:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25867

Actions (login required)

View Item View Item