PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN T.P 2016/2017

Harahap, Fatimah (2017) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7132141015 COVER.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7132141015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7132141015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7132141015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7132141015 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7132141015 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7132141015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7132141015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7132141015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7132141015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7132141015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017; (2) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017; dan (3) Pengaruh Konsep Diri dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 172 orang. Penentuan sampel ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu 52 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sebelum angket diberikan pada sampel yang sebenarnya maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus regresi linier berganda, uji t parsial, uji F simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan SPSS versi 19 diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 26,196 + 0,596X1 + 0,320X2. Selanjutnya variabel konsep diri (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05) dan kemampuan berpikir kreatif (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Secara bersama-sama konsep diri dan kemampuan berpikir kreatif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Persentase sumbangan pengaruh konsep diri dan kemampuan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 72,1%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan konsep diri dan kemampuan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYusuf, Muhammad196307121989031002
Call Number: SK-2017 EKO 036
Keywords: Konsep Diri; Kemampuan Berpikir Kreatif; Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Aug 2017 13:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25849

Actions (login required)

View Item View Item