PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN T.A 2016/2017

Syahputri, Indah (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4132111015 COVER.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4132111015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4132111015 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4132111015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4132111015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4132111015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4132111015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4132111015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4132111015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4132111015 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4132111015 BAB V.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4132111015 DAFTR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMP Negeri 6 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester genap SMP Negeri 6 Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C dan kelas VIII-D sebanyak 76 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa adalah tes kemampuan penalaran matematis yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh skor rata-rata selisih posttestpretest kelas eksperimen 1 sebesar 12,316 dengan simpangan baku sebesar 4,8719 dan skor rata-rata selisih posttest-pretest kelas eksperimen 2 sebesar 8,6579 dengan simpangan baku sebesar 3,7012. Hasil uji t sepihak dengan dk = 74 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 3,6857 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel yaitu 3,6857 > 1,668 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMP Negeri 6 Medan T.A. 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Martua195205171977021001
Call Number: SK-2017 MAT 103
Keywords: Discovery Learning; STAD; Penalaran Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 11:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25783

Actions (login required)

View Item View Item