MODEL BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN RIAS WAJAH KARAKTER SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 BERINGIN

Sari, Khadijah Permata (2017) MODEL BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN RIAS WAJAH KARAKTER SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5131144012 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5131144012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5131144012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5131144012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5131144012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5131144012 TABLES.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5131144012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5131144012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5131144012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5131144012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5131144012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

blended learning berbantuan macromedia flash pada mata pelajaran Rias Wajah Karakter, untuk mengetahui efektifitas model blended learning berbantuan macromedia flash, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mendapatkan model blended learning berbantuan macromedia flash. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Beringin. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah mata pelajaran Rias Wajah Karakter kompetensi Rias Wajah Karakter zombie yang didesain menggunakan model blended learning berbantuan macromedia flash. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI tata kecantikan yang berjumlah 31 orang di SMK Negeri 1 Beringin. Model blended learning berbantuan macromedia flash meliputi tujuh tahapan, yakni : (1) Melakukan Analisis Kebutuhan Media, (2) Mengembangkan Produk Awal, (3) Validasi Ahli dan Revisi, (4) Uji Coba Kwlompok Kecil, (5) Uji Coba Kelompok Sedang, (6) Uji Coba Kelompok Besar, (7) Produk Akhir. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, uji coba kelompok kecil berjumlah 5 siswa, uji coba kelompok sedang berjumlah 15 siswa, uji coba kelompok besar berjumlah 31 siswa, dan dilanjutkan dengan uji efektifitas guru dan siswa. Data tentang kualitas produk dikumpulkan dengan angket sedangkan data tentang hasil belajar dengan test. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan diubah menjadi data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Uji efektifitas siswa pada kriteria sangat baik (90,5%) dan uji efektifitas guru pada kriteria sangat baik (97%); (2) Hasil belajar siswa meningkat sebanyak (20,2%); ini membuktikan tingkat keefektifan model Blended Learning yang dikembangkan sangat baik sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran rias wajah karakter meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorWahidah, Siti19
Call Number: SK-2017 RIAS 050
Keywords: Model blended learning; Macromedia flash; Rias wajah karakter zombie
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 10:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25773

Actions (login required)

View Item View Item