Situmorang, Uli Saroha Hotnida (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) UNTUK PEMBELAJARAN TEKS FABEL OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 29 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133311005 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM 2133311005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
3. NIM 2133311005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. NIM 2133311005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM 2133311005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
6. NIM 2133311005 TABLES.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM 2133311005 TABLE OF PICTURES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
8. NIM 2133311005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
9. NIM 2133311005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM 2133311005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
14. NIM 2133311005 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
15. NIM 2133311005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD)
untuk pembelajaran teks fabel oleh siswa kelas VII SMP Negeri 29 Medan Tahun
Pembelajaran 2016-2017.penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengembangkan
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran teks fabel, (2)
mendeskripsikan kelayakan dan keefektifan penerapan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) pada pembelajaran teks fabel dalam pembelajaran, (3)
menganalisis kemampuan siswa dalam mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD). Penelitian ini menggunakan sampel 54 pesrta didik dengan metode
Research and Development (R&D) dengan model ADDIE sebagai pengembangan
intruksional yang membantu proses pengembangan bahan ajar, ADDIE yang
berarti Analisis, Desain, Development, Implementation, Evaluasi. Instrumen yang
digunakan adalah angket check list, pada validasi tim ahli materi, ahli desain, dan
guru bidang studi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik
(LKPD) untuk pembelajaran teks fabel oleh siswa kelas VII SMP Negeri 29
Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017. Tergolong dalam kategori “Sangat Baik”.
Dapat dilihat dari hasil rata-rata penilaian tim ahli materi yang memperoleh skor
94,8% yang dapat dikategorikan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari
kelayakan isi materi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa. Hasil dari penilaian
tim ahli desain memperoleh skor 90,9% yang dikategotikan sangat baik. Hal ini
dapat dilihat dari kelayakan kegrafikan LKPD. Dan hasil penilaian dari materi
selaku guru bidang studi memperoleh skor 92,2% yang dapat dikategorikan sangat
baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kelayakan isi materi, kelayakan penyajian,
kelayakan bahasa. Dan diperkuat dari hasil uji coba produk pada uji coba
kelompok kecil yang mencapai skor 82,83% dan uji coba kelompok besar dengan
skor 85,36% yang dapat dikategorikan sangat baik. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa LKPD pada pembelajaran teks fabel yang dikembangkan
dengan menggunakan model ADDIE dapat digunakan sebagai alternatif dalam
pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 072 |
Keywords: | Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD); Teks Fabel; Model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 10:22 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25771 |