PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII SMP DARUSSALAM MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Saleh, Ari Mahran (2017) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS KELAS VIII SMP DARUSSALAM MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 7133341068 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 7133341068 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 7133341068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 7133341068 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 7133341068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 7133341068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 7133341068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 7133341068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 7133341068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 7133341068 BAB I.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 7133341068 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 7133341068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Darussalam Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan mengambil populasi sebanyak 166 siswa, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 62 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa melalui uji t (parsial) ada pengaruh antara Kebiasaan Belajar terhadap prestasi belajar IPS dengan perhitungan nilai thitung > ttabel (3,045 > 1,671) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi α = 0,05 (0,003 < 0,05). Dan ada pengaruh Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar IPS dengan perhitungan nilai thitung > ttabel (2,735 > 1,671) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi α = 0,05 (0,008 < 0,05). Serta ada pengaruh antara Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa melalui uji F (simultan) dengan perhitungan membandingkan nilai Fhitung > Ftabel (10,183 > 3,15) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikan α = 0,05 (0,000 < 0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t (parsial) Kebiasaan Belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa. Dan Lingkungan Belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa. Secara uji F (simultan) Kebiasaan Belajar dan Lingkungan Belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMaipita, Indra197104032003121003
Call Number: SK-2017 EKO 112
Keywords: KEBIASAAN BELAJAR; LINGKUNGAN BELAJAR; PRESTASI BELAJAR IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 16 Aug 2017 09:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25668

Actions (login required)

View Item View Item