PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DIDUKUNG MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 MEDAN T.P 2016/2017

Fadillah, Aiga (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DIDUKUNG MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133141003 COVER.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133141003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133141003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133141003 TABLE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133141003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133141003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7133141003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133141003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7133141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini salah satunya yang menjadi permasalahan adalah “rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Didukung Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Medan T.P 2016/2017”. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 13 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X MIS SMA Negeri 13 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017, yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 159 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kelas X MIS 1 sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan Kelas X MIS 2 sebagai kelas Kontrol dengan jumlah 32 siswa, sehingga seluruh sampel berjumlah 64 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk Pilihan Berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan relibilitasnya dengan hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Didukung Media Audio-Visual lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Didukung Media Audio-Visual memiliki rata-rata nilai Pre-Test sebesar 45,46 dan Post-Test sebesar 80,63. Sedangkan hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Konvensional memiliki rata-rata nilai Pre-Test sebesar 38,90 dan Post-Test sebesar 74,22. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh adalah thitung > ttabel yaitu 2,728 > 1,669 pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Hal ini berarti bahwa hipotesis diterima dan menyatakan bahwa “ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Team Assisted Individualization didukung media Audio-Visual terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 13 Medan T.P 2016/2017”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2017 EKO 031
Keywords: Model pembelajaran team assisted individualization; Media audio-visual; Model pembelajaran konvensional; Hasil belajar ekonomi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Aug 2017 09:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25657

Actions (login required)

View Item View Item