PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF ANAK PAUD KENANGA RAYA MEDAN

Ginting, Flora Marantika (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF ANAK PAUD KENANGA RAYA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8146122014 COVER.PDF - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8146122014 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8146122014 ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8146122014 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8146122014 DAFTAR ISI.PDF - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8146122014 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8146122014 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8146122014 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8146122014 BAB I.PDF - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8146122014 BAB V.PDF - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 8146122014 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (253kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pembelajaran bagi anak usia dini dilakukan dengan metode belajar melalui bermain dimana mereka dapat terlibat secara aktif dan kreatif dalam suasana yang menyenangkan sehingga kemampuan anak dapat berkembang. Penggunaan media pembelajaran akan dapat meningkatkan kemampuan anak tersebut seperti kemampuan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media pembelajaran video dan kartu huruf terhadap kemampuan menulis huruf anak usia dini di PAUD Kenanga Raya Medan; (2) pengaruh kreativitas tinggi dan kreativitas rendah terhadap kemampuan menulis anak usia dini di PAUD Kenanga Raya Medan; dan (3) pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan kreativitas terhadap kemampuan menulis huruf anak usia dini di PAUD Kenanga Raya Medan. Penelitian ini bersifat eksperimen semu (quasi experiment). Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas (kelas A dengan jumlah 20 anak sebagai kelas eksperimen dan kelas B dengan jumlah 20 anak sebagai kelas kontrol) dengan jumlah sampel seluruhnya 40 orang anak yang ditentukan secara acak. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan menulis dan tes kreativitas. Rentang skor tes kemampuan menulis dari 0-100, sedangkan tes kreativitas dari 0-30. Metode penelitian dengan menggunakan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Temuan dalam penelitian ini adalah : (1) Kemampuan menulis huruf anak yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran video lebih tinggi daripada anak yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kartu huruf dimana harga Fhitung = 378.14, Ftabel = 4.12 pada taraf signifikansi alpha = 0,05; (2) Kemampuan menulis huruf anak yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi daripada anak yang memiliki kreativitas rendah berdasarkan media pembelajaran, harga Fhitung = 44.5, Ftabel = 4.12 pada taraf signifikansi alpha = 0,05 dan (3) Terdapat pengaruh interaksi antara belajar dengan menggunakan media pembelajaran dan kreativitas terhadap Kemampuan menulis huruf dengan Fhitung = 90.4, Ftabel = 4.12 pada taraf signifikansi alpha = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran dan kreativitas terhadap kemampuan menulis huruf anak usia dini di PAUD Kenanga Raya Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMursid, 196607111991031003
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Call Number: 372.634 Gin p
Keywords: Penggunaan media pembelajaran; kreativitas; kemampuan menulis huruf
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Aug 2017 09:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25644

Actions (login required)

View Item View Item