PENGARUH PERMAINAN MEMANCING ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERWANIS KECAMATAN MEDAN BARU T.A. 2016/2017

Sari, Nurmala (2017) PENGARUH PERMAINAN MEMANCING ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERWANIS KECAMATAN MEDAN BARU T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. COVER NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. ABSTRAK NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. DAFTAR GAMBAR NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR LAMPIRAN NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB I NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA NURMALA SARI NIM 1133313017.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan1-10. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan memancing angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di Tk Perwanis kec. Medan Baru Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini Pre-Experimental Design, dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, yaitu dengan memilih sampel dengan cara acak, dengan jumlah kelas A1 sebagai kelas eksperiemen sebanyak 14 anak. Variabel bebas adalah permainan memancing angka, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalis dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji-t, dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 meningkat, setelah diberikan permainan memancing angka.Dari Hasil penelitian diketahui bahwa skor tertinggi pada data pretest yaitu 11, sedangkan post-test yaitu 16. Rata-rata pretest yaitu 7,357 untuk data post-test yaitu 12,714. Hasil pengujian menyimpulkan bahwa permainan memancing angka memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan bahasa anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh Thitung = 17,85 > Ttabel = 1,761. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Permainan Memancing Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Anak Usia 4-5 di TK PERWANIS Kec. Medan Baru Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimaremare, Aman196107241987031002
Call Number: SK-2017 PAUD 047
Keywords: Permainan Memancing Angka; Mengenal Konsep Bilangan 1-10; Anak Usia 4-5 Tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Aug 2017 14:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25631

Actions (login required)

View Item View Item