PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN ( MIND MAPPING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA T.A 2016/2017

Wily Hardiman, Simanjuntak (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN ( MIND MAPPING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU BAHAN BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 2 SIATAS BARITA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5103311040 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5103311040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5103311040 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5103311040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5103311040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5103311040 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5103311040 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5103311040 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5103311040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5103311040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5103311040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran mind mapping memberikan pengaruh yang berbeda dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dan besarnya pengaruh penerapan model pembelajaran mind mapping memberikan pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Siatas Barita semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen. Prosedur perlakuan dikemas ke dalam RPP. Dimana perlakuan pada kelas eksperimen KBB-1 menggunakan model pembelajaran mind mapping sedangkan pada kels kontrol KBB-2 menggunakan pembelajaran konvensional materi mempelajari jenis-jenis kayu, sifat dan karateristik sebagai bahan bangunan. Untuk memproleh data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan tes objektif sebanyak 30 soal, yang mana sebelumnya tes ini ada 40 soal, akan tetapi setelah diujicobakan pada kelas XI di luar sampel penelitian untuk melihat kesahian tes, terdapat 30 soal yang memenuhi analisis instrument tes dengan reliabilitas soal sebesar 0,9308. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan, diketahui bahwa data pre-tes dan post-tes dari kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) penggunaan model mind mapping memberikan pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar ilmu bahan bangunan pada siswa kelas X Progran Keahlian Kontruksi Batu Beton di SMK Negeri 2 Siatas Barita Tahun Ajaran 2016/2017 dimana berdasarkan hasil pengujian hipotesis anava satu jalan untuk post-tes Fhitung = 50,948 > Ftabel = 4,008, 2) penggunaan model pembelajaran mind mapping memberikan pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensioanal, yang dilanjutkan ke uji-t diperoleh thitung = 7,138> ttabel = 1,689.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJintar, Tampubolon1957 0201 198203 1 002
Call Number: SK-2017 BAN 036
Keywords: MIND MAPPING, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
N Fine Arts > NA Architecture > NA100 Architecture and the state
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 10:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25565

Actions (login required)

View Item View Item