PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DAN ELEKTROKIMIA UNTUK SISWA SMA/MA

Syam, Junita Irdayanti (2017) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DAN ELEKTROKIMIA UNTUK SISWA SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4131131026 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4131131026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4131131026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4131131026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4131131026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4131131026 TABLES.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4131131026 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4131131026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4131131026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4131131026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 4131131026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan modul kimia terintegrasi nilai-nilai islami pada pokok bahasan sifat koligatif larutan dan elektrokimia bertujuan untuk mengetahui (1) ada atau tidaknya nilai-nilai islam dalam materi ajar pada buku kimia SMA/MA, (2) kualitas modul berdasarkan kriteria BSNP, (3) respon guru dan mahasiswa terhadap modul yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R and D) yang meliputi tiga tahapan yaitu (1) tahap analisis, (2) tahap rancangan, (3) tahap pengembangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen kimia, mahasiswa jurusan kimia UNIMED, dan seluruh guru kimia sekota Medan. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 3 dosen kimia UNIMED yang dipilih secara purposive sampling, 15 mahasiswa jurusan kimia UNIMED yang terdiri dari mahasiswa perstambuknya (2014, 2015, 2016) yang dipilih secara acak, 3 guru kimia yang masing-masing dari SMAN 21 Medan, SMAN 13 Medan, dan SMA Swasta An-Nizam yang dipilih secara purvosive sampling dan semua itu dengn syarat beragama islam dan menguasai kimia. Instrument yang digunakan adalah angket analisis nilai-nilai islami pada modul yang dikembangkan, angket penilaian modul berdasarkan BSNP, dan angket penilaian terhadap respon guru dan mahasiswa terhadap modul. Hasil yang diperoleh adalah: (1) belum terdapat nilai-nilai islami terhadap buku teks kimia yang dapat dilihat dari daftar tilik, hal ini termasuk kategori kurang layak sedangkan penelitian terhadap modul yang dikembangkan memiliki skor rata-rata 3,63, termasuk kategori layak dan tidak perlu revisi, (2) penilaian kelayakan modul berdasarkan criteria BSNP memiliki skor rata-rata 3,45, yang berarti layak dan tidak perlu revisi, (3) respon guru dan mahasiswa terhadap modul memiliki skor rata-rata 3,58, termasuk kategori layak dan mendapat pandangan yang positif (dengan skala 4,00)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDarmana, Ayi196608071990101001
Call Number: SK-2017 KIM 032
Keywords: Modul Pembelajaran; Nilai-nilai islami; BNSP
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25543

Actions (login required)

View Item View Item