PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG T.A 2016/2017

Fifi, Andriani (2017) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133311055_COVER.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133311055_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133311055_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133311055_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133311055_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133311055_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133311055_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133311055_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133311055_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133311055_BAB I.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133311055_BAB V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133311055_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiement. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No.101771 Tembung Tahun Ajaran 2016/2017. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negri 101771 Tembung yang berjumlah 48 siswa, yang terbagi atas 24 siswa kelas V-A dan 24 siswa kelas V-B. Sampel dalam penelitian ini yaitu dengan cara teknik purposive sampling mengambil subjek bukan berdasarkan atas strata, random, atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu, yaitu dengan kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol. Sebelum penelitian dilakukan maka peneliti melakukan uji validitas, reabilitas, dan taraf kesukaran. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai ratarata pre test siswa pada kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan dengan menggunakan Pendekatan Saintifik sebesar 33,54 dan di kelas control diperoleh nilai rata-rata pre test siswa sebesar 32,08 dan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan saintifik sebesar 76,04 dan di kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 71,66. Dari analisis data dapat dilihat bahwa peningkatan pada kelas eksperimen mencapai 76% dan pada kelas kontrol terjadi peningkatan 70%. Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA. Dengan demikian hipotesis berbunyi : “ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar IPA Kelas V SD Negeri 101771 Tembung T.A 2016/2017”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEva Betty, Simanjuntak19611026 1987032 001
Call Number: SK-2017 PGSD 229
Keywords: SAINTIFIK, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25520

Actions (login required)

View Item View Item