PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SEMESTER II SMA Y.P PARULIAN 2 MEDAN

Pinta Uli, Sinaga (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SEMESTER II SMA Y.P PARULIAN 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3113321027 COVER.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3113321027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3113321027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3113321027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3113321027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3113321027 TABLES.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3113321027 LIST OF DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3113321027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3113321027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3113321027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3113321027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction dalam meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X Semester II SMA Y. P Parulian 2 Medan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen, dengan metode ceramah. Populasi penelitian ini adalah siswa seluruh kelas X. Data hasil belajar diperoleh dari hasil tes belajar Peradaban Awal Masyarakat Di Dunia Yang Berpengaruh Terhadap Peradaban Indonesia. Setelah data dianalisis dapat diketahui bahwa kedua kelas tersebut berdistribusi normal dan memiliki varians yang identik baik untuk data kemampuan awal maupun data hasil belajar serta kemampuan awal kelas eksperimen dan pembanding yang sama. Sedangkan pada uji hipotesis dapat diketahui bahwa ada perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction dalam meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X Semester II SMA Y. P Parulian 2 Medan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa nilai rata-rata hasil,yaitu kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based instruction memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 79,20 dan kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran metode ceramah memperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata sebesar 66,17. Data di atas menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (6,363>2,00) artinya bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based instruction lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan Metode Ceramah. Kesimpulan penelitian ini adalah : hasil penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction dapat mengaktifkan siswa pada saat proses belajar mengajar berlangsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan sebaiknya : Model pembelajaran ini untuk dipertahankan karena sudah terbukti pengaruhnya, dan sebaiknya penelitian ini dilakukan lebih dari satu kali pertemuan untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSamsidar, Tanjung195906261986012001
Call Number: SK-2017 SJRH 072
Keywords: PENGARUH, MODEL PEMBELAJARAN PBI
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25518

Actions (login required)

View Item View Item