PENERAPAN MEDIA BERBASIS VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBUAT KAMPUH SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT

Fitria, Arfika (2017) PENERAPAN MEDIA BERBASIS VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBUAT KAMPUH SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123341010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5123341010 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5123341010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5123341010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5123341010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5123341010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5123341010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5123341010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5123341010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5123341010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5123341010 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5123341010 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5123341010 CHART.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5123341010 CHART.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5123341010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5123341010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5123341010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5123341010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 5123341010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 5123341010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5123341010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5123341010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 5123341010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 5123341010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil belajar membuat macam-macam kampuh dengan menerapkan media berbasis video tutorial pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat, 2) mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penerapan media berbasis video tutorial tehadap hasil belajar membuat macam-macam kampuh siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi yang telah dilakukan dalam satu siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X BB2 yang berjumlah 35 orang sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar melalui media pembelajaran berupa video tutorial membuat macam-macam kampuh. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan atau observasi untuk mengamati hasil membuat macam-macam kampuh.
Hasil dari penelitian ini terlihat pada peningkatan nilai rata-rata siswa pada pre test yakni 77,61 dengan persentase ketuntasan 45,71% atau sekitar 16 siswa yang mencapai nilai tuntas menjadi 85,96 dengan persentase ketuntasan 94,29% atau sekitar 33 siswa yang mencapai nilai tuntas pada post test dari jumlah siswa 35 orang. Peningkatan yang signifikan juga terlihat pada masing-masing indikator yakni pada pre test membuat kampuh balik yang mencapai nilai tuntas sebanyak 18 siswa (51,43%) meningkat menjadi 27 siswa (77,14%) yang tuntas pada post test. Pada pre test membuat kampuh pipih yang mencapai nilai tuntas sebanyak 19 siswa (54,3%) meningkat menjadi 32 siswa (91,43%) yang tuntas pada post test. Pada pre test membuat kampuh sarung yang mencapai nilai tuntas sebanyak 15 siswa (42,86%) meningkat menjadi 30 siswa (85,71%) yang tuntas pada post test. Peningkatan hasil belajar tersebut didapat setelah menerapkan media berbasis video tutorial membuat macam-macam kampuh.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media berbasis video tutorial dapat meningkatkan hasil belajar membuat macam-macam kampuh dengan melihat nilai rata-rata yang meningkat yaitu 77,61 pada pre test menjadi 85,96 pada post test. Persentase nilai ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yakni 94, 29% siswa yang mencapai nilai tuntas dan hanya 5,71% siswa yang belum mencapai nilai tuntas, dengan demikian hasil belajar pada siklus I setelah diterapkannya media berbasis video tutorial dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan yang sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal yang diharapkan telah mealampaui 75%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BSN 026
Keywords: Media Video Tutorial, Hasil Belajar Membuat Kampuh
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2000 Study and teaching. Research
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Aug 2017 09:24
Last Modified: 10 Aug 2017 08:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25493

Actions (login required)

View Item
View Item