PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI DAN MERUMUSKAN MASALAH PADA KONSELOR SEBAYA MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Almelia, (2017) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGIDENTIFIKASI DAN MERUMUSKAN MASALAH PADA KONSELOR SEBAYA MAHASISWA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133151003_COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133151003_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133151003_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133151003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133151003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133151003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7, NIM. 1133151003_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133151003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133151003_BAB I.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133151003_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah “Apakah melalui penggunaan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan keterampilan mengidentifikasi dan merumuskan masalah pada konselor sebaya mahasiswa di Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2016/2017 ?” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengidentifikasi dan merumuskan masalah melalui penggunaan media pembelajaran audio visual pada konselor sebaya mahasiswa di Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2016 / 2017 “. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTBK) dengan menggunakan media pembelajaran audio visual pada materi keterampilan mengidentifikasi dan merumuskan masalah pada konselor sebaya mahasiswa di Universitas Negeri Medan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang tergabung dalam komunitas konselor sebaya di Universitas Negeri Medan Tahun Ajaran 2016 / 2017 yang berjumlah 30 orang. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan 2 siklus dan setiap siklusnya memiliki 4 tahapan, yaitu; 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan (Tindakan); 3) Pengamatan (Observasi); 4) Refleksi. Dan di akhir setiap siklus dilakukan evaluasi. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket, lembar observasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus mahasiswa konselor sebaya berada pada kategori tinggi sebanyak 15 orang (50%) dan sebanyak 15 orang (50%) pada kategori sedang. Pada siklus I terjadi peningkatan ada 1 orang (3%) mahasiswa konselor sebaya berada pada kategori rendah, 11 orang (37%) berada pada kategori sedang dan 18 orang (60%) berada pada kategori tinggi. Pada siklus II terjadi peningkatan 2 orang (7%) berada pada kategori sedang dan sisanya 28 orang (93%) berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan keterampilan mengidentifikasi dan merumuskan masalah pada konselor sebaya mahasiswa di Universitas Negeri medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDewi, Rosmala195909021985032002
Call Number: SK-2017 BK 029
Keywords: Media audio visual; konseling
Subjects: L Education > L Education (General) > L899 School fairs
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 15:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25284

Actions (login required)

View Item View Item