PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI DENGAN LT BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL PADA MATERI REAKSI REDOKS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA

Sitorus, Juita (2017) PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI DENGAN LT BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL PADA MATERI REAKSI REDOKS TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133331078 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133331078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM. 4133331078 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133331078 PREFACE.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133331078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133331078 TABLES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133331078 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM. 4133331078 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM. 4133331078 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133331078 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133331078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe LT dengan tipe TAI berbantuan media kartu soal; (2) perbedaan karakter tinggi dan rendah siswa yang dibelajarkan dengan model kooperatif tipe LT dengan tipe TAI berbantuan media kartu soal terhadap hasil belajar siswa; (3) interaksi antara kedua model pembelajaran dengan karakter siswa terhadap hasil belajar kimia siswa; dan (4) hubungan antara karakter siswa dengan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Dharma Pancasila Medan, sebanyak 2 kelas. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas, dimana kelas pertama diberikan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe TAI berbantuan media kartu soal sedangkan kelas kedua diberikan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe LT berbantuan media kartu soal. Teknik pengambilan sampel data siswa dilakukan dengan tehnik purposive sampling. Dalam penelitian ini digunakan rancangan ANAVA (faktorial) 2x2. Untuk memperoleh data hasil penelitian digunakan instrumen tes hasil belajar berupa essay test. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu distandarisasi oleh validator ahli dan siswa. Hasil standarisasi menunjukkan bahwa instrumen tes telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) data terdistribusi normal (A1B1 9,7996<11,07; A1B2 10,6483<11,07; A2B1 10,1485<11,07; dan A2B2 <11,07) dan homogen (2,34 < 2,48) ; (2) hasil hipotesis (Faktor A 4,93>4,01 Ha Diterima, Faktor B 56,67>4,01 Ha Diterima, Faktor AB 0,17<4,01 Ha Ditolak) (3) uji korelasi (kelas eksperimen I 0,883 dan eksperimen II 0,86). Diperoleh kesimpulan bahwa siswa yang berkarakter rendah dan diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe LT (75,54±3,40) berbantuan media kartu soal memberikan rataan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (72,52 ±4,02) berbantuan media kartu soal. Siswa yang berkarakter tinggi yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe LT (83,70 ±5,21) berbantuan media kartu soal memberikan rataan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan model kooperatif tipe TAI (81,63±4,91) berbantuan media kartu soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Saronom198011132008121003
Call Number: SK-2017 KIM 125
Keywords: Model kooperatif tipe TAI, Model kooperatif tipe LT, Karakter, Hasil belajar siswa, media kartu soal.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2017 14:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25258

Actions (login required)

View Item View Item