PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN ADOPSI INFORMASI TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA MTS NEGERI STABAT

Azhari, Muhammad (2008) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN ADOPSI INFORMASI TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA MTS NEGERI STABAT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 055020327 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 055020327 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 055020327 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 055020327 - Bab I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 055020327 - Bab V.pdf - Published Version

Download (696kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi antara siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri terpimpin dan strategi inkuiri bebas, (2) hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi antara siswa dengan adopsi informasi tinggi dan adopsi informasi rendah (3) interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri dan adopsi informasi terhadap basil belajar teknologi informasi dan komunikasi.Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Stabat yang berjumlah 5 kelas dengan jumlah 200 siswa, sampel penelitian ditetapkan untuk kelas VIII-2 dilaksanakan strategi pembelajaran inkuiri bebas dan kelas V111-3 dilaksanakan strategi inkuiri terpimpin. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen pengukuran untuk mengukur basil belajar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihanjawaaban (r11=0,919 dan d = 0,9). Untuk menjaring data adopsi informasi (r11=0,4289 > t4bel = 0,320), digunakan angket yang disusun sendiri oleh peneliti, sebelum diujicobakan dikonsultasikan secara konstruk telah mengukur siswa yang memiliki adopsi informasi dan valid menurut para ahli kemudian dikonsultasikan dengan pembimbing. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan a = 0,05.Temuaan penelitian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar teknologi informasi komunikasi siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri bebas (5C = 77,75) lebih tinggi dari basil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran inkuiri terpimpin (X = 71,62), denga Fhitung = 9.18 > Ftthei = 4,08 , (2) basil belajar teknologi informasi dan komunikasi siswa dengan adopsi informasi tinggi (5Z— 81,00) lebih tinggi dari basil belajar siswa dengan adopsi informasi rendah (X = 74,15), dengan Fhitung = 60,39 > Ftabel = 4,08, (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan adopsi informasi terhadap hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi, dengan Fhitung 26,89 > Fiabd = 4,08. Perhitungan uji lanjut dengan uji Tukey menunjukkanQng(Xi-X2)-----13,76, (Xi -X3)=7,90, (X3-X4)=2,96, (X2-X4)=2,90, (Xi -X4)=12hi,t8u 6,Tukey(Xi-X2)-----13,76, dengan Qtabel = 3,96 dan (Xib-Xit)=4,98, (Xiv1-r-XArr)=5,57 dengan Qtabei = 3,79.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Call Number: 371.3 Muh p
Keywords: Komunikasi; Inkuiri; Adopsi Informasi, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2519

Actions (login required)

View Item View Item