PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM

Tiya Ayu, Utami (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4132131028 COVER_docx.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4132131028 RIWAYAT HIDUP_docx.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4132131028 LEMBAR PENGESAHAN_docx.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4132131028 ABSTRAK_doc.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4132131028 KATA PENGANTAR_doc.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4132131028 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4132131028 DAFTAR ISI_doc.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4132131028 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4132131028 DAFTAR LAMPIRAN_doc.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM 4132131028 BAB I_doc.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4132131028 BAB V_docx.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 NIM 4132131028 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Problem Solving berbantuan Macromedia Flash di SMA Negeri 1 Sunggal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas siswa kelas XI SMAN- 1 Sunggal, dimana kelas XI MIA-5 terpilih sebagai kelas eksperimen I yang diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning, dan XI MIA-6 sebagai kelas eksperimen II yang diberi model pembelajaran Probelem Solving. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling. Tahapan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) menyusun dan memvalidasi instrument tes berupa pilihan berganda; (2) menyusun perangkat pembelajaran; (3) melakukan tes kemampuan awal (pretest); (4) melakukan kegiatan pembelajaran; (5) melakukan tes akhir (postest); dan (5) menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sampel telah memenuhi criteria normalitas, untuk kelas eksperimen I nilai normlitas (x2hitung / 2,15<x2tabel /11,07) dan nilai normlitas kelas eksperimen II (x2hitung / 5,17 <x2tabel /11,07) dan homogenitas (Fhitung/ 1,006317745<Ftabel/ 1,905). Diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 81,28±40,65 sedangkan ratarata hasil belajar kelas eksperimen II sebesar 74,00±36,97. Uji hipotesis dengan uji t dua pihak diperoleh thitung 3,250 lebih besar dari ttabel 0,9977 artinya hipotesis Ha diterima. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran contextual teaching and learning dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem solving.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRatna, Dewi197808122008012021
Call Number: SK-2017 KIM 140
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING;PROBLEM SOLVING;HASIL BELAJAR;HIDROLISIS GARAM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 09:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25186

Actions (login required)

View Item View Item