PENGEMBANGAN DAN INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN LARUTAN BUFFER

Dalimunte, Chefty Thermaylina (2017) PENGEMBANGAN DAN INOVASI BAHAN AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK PENGAJARAN LARUTAN BUFFER. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133331004 COVER.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133331004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133331004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133331004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133331004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133331004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133331004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133331004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133331004 BAB I.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133331004 BAB V.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133331004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview

Abstract

Meningkatkan mutu pendidikan dan perbaikan sumber daya manusia sangat menentukan dalam meningkatkan pemahaman melalui bahan ajar bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar kimia yang inovatif untuk pengajaran, dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan efektifitas peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA kelas XI di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara Tahun Akademi 2016/2017. Pengembangan buku ajar dilakukan melalui inovasi pembelajaran kimia berbasis kontekstual untuk memperoleh bahan ajar kimia standard an inovatif sebagai media pembelajaran di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Dengan bentuk inovasi yang dikembangkan adalah bahan ajar berbasis kontekstual yang telah di integrasikan dengan komponen kontekstual yaitu baik dan sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa dan dengan hasil yang diusulkan untuk bahan ajar sebesar 3.55 . (2) Analisis standar dari Dosen dan Guru kimia kelas XI untuk standar rata-rata tiap poin pada angket BSNP yaitu kelayakan isi 3.54, kelayakan bahasa 3.61, dan kelayakan penyajian 3.49 dengan hasil buku ajar valid dan tidak perlu direvisi dan layak digunakan pada materi larutan buffer. (3) Hasil penelitian juga menunjukkan hasil belajar siswa, dibuktikan dengan uji thitung > ttabel dimana untuk setiap sampel, yaitu : (a) SMA Negeri 1 Tarutung thitung (2.462) > ttabel (2.103). (b) SMA Sw. HKBP 2 Tarutung thitung (2.879) > ttabel (1.998). (c) SMA Sw. Santa Maria Tarutung thitung (4.069) > ttabel (1.994). (4) Analisis untuk efektifitas peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari persen peningkatan hasil belajar untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana pada sampel, yaitu : (a) SMA Negeri 1 Tarutung kelas eksperimen (63.57 %) dan kelas kontrol (53.33%). (b) SMA Sw. HKBP 2 Tarutung kelas eksperimen (67.02 %) dan kelas kontrol (60.32 %). (c) SMA Sw. Santa Maria Tarutung kelas eksperimen (64.83 %) dan kelas kontrol (51.02%). Diharapkan guru dapat menggunakan bahan ajar kimia hasil inovasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pengajaran larutan buffer dan sekaligus menghasilkan sumberdaya manusia yang baik. Kata Kunci : Bahan Ajar Kimia, Efek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Manihar196008041986011001
Call Number: SK-2017 KIM 160
Keywords: Bahan Ajar Kimia; Efektifitas hasil belajar; hasil belajar; inovasi; kontekstual; dan larutan buffer
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 09:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25149

Actions (login required)

View Item View Item