IMPLEMENTASI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAPAT MEMPERBAIKI PROSES HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS VIII SMP Y.P RAHMAD ISLAMIYAH MEDAN

Siregar, Muhammad Hasbi (2017) IMPLEMENTASI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL DAPAT MEMPERBAIKI PROSES HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS VIII SMP Y.P RAHMAD ISLAMIYAH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Nim 6113311083 Cover.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Nim 6113311083 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Nim 6113311083 Abstract.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Nim 6113311083 Acknowledment.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Nim 6113311083 Table of Content.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Nim 6113311083 Table.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Nim 6113311083 Illustration.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Nim 6113311083 Appendices.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Nim 6113311083 Chapter I.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. Nim 6113311083 Chapter V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Nim 6113311083 References.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya memperbaiki hasil belajar passing bawah bola voli dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal pada siswa SMP Y.P Rahmad Islamiyah Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak dari 30 orang siswa terdiri dari 14 perempuan dan 16 laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses passing bawah bola voli. Pada data awal (sebelum siklus) diperoleh nilai rata-rata yang belum tuntas adalah sebesar 83,33% di mana dari 30 orang siswa terdapat 5 siswa yang telah tuntas atau mendapatkan nilai di atas batas ketentuan maksimal, sedangkan 25 siswa dinyatakan belum tuntas. Hal ini berarti hanya 16,67% siswa yang mencapai ketuntasan secara klasikal dari keseluruhan jumlah siswa. Untuk itu peneliti merasa perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Hal ini diwujudkan penulis dengan menggunakan gaya mengajar resipokal untuk memperbaiki hasil belajar passing bawah bola voli. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dasar passing bawah bola voli. Setelah siklus I dilaksanakan, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa di mana dari 30 orang siswa terdapat 17 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 56,67% dengan nilai rata-rata 70,27 dan siswa yang belum tuntas berjumlah 13 siswa dengan ketuntasan belajar klasikal 43,33%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>75%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 30 orang siswa terdapat 26 siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 86,67% dengan nilai rata-rata 78,60 dan siswa yang belum tuntas 4 siswa 13,33%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal(>75%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan gaya mengajar Resiprokal dapat memperbaiki hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa SMP Y.P Rahmad Islamiyah Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNugraha, Tarsyad19650414199003001
Call Number: SK-2017 PJKR 068
Keywords: Implementasi; Gaya Mengajar; Respirokal; Hasil Belajar; Passing Bawah; Bola Voli
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Jul 2017 11:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25067

Actions (login required)

View Item View Item