PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X IIS SMA SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN

Sihite, Elisabeth (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X IIS SMA SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.7133341019_COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.7133341019_APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.7133341019_PREFACE.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.7133341019_ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.7133341019_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.7133341019_TABLES.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.7133341019_APPENDICES.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.7133341019_CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.7133341019_CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.7133341019_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh siswa masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dengan mind mapping pada siswa kelas X IIS SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan T.A 2016/2017.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Katolik Budi Murni 2, Jl. Kapiten Purba. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IIS di SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 yang berjumlah 114 0rang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah acak sederhana (random sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 sebagai kelas eksperimen I dan siswa kelas X IIS 3 sebagai kelas ekperimen II yang masing-masing berjumlah 38 orang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel penelitian, maka tes penelitian terlebih dahulu di uji cobakan di kelas X IIS 1 sebanyak 25 soal. Hal ini dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Tehnik analisis data sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data. Dalam hal ini dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata postes kelas eksperimen I sebesar 70.27 dengan Standar Deviasi 12,30 dan skor rata-rata posttest kelas ekperimen II sebesar 60.94 dengan Standar Deviasi 13.98 Dengan demikian ada perbedaan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan Mind Mapping Dimana hasil belajar kelas eksperimen I lebih tinggi dari pada hasil belajar kelas ekperimen II. Kemudian ditemukan bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis dengan menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh thitung sebesar 2.67 dan ttabel sebesar 1,66 atau thitung> ttabel (2.67> 1.66), yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi berdasarkan hasil analisa dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dengan mind mapping pada siswa kelas X IIS SMA Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan T.A 2016/2017 dan Hasil belajar ekonomi dengan menggunakan Model pembelajaran NHT lebih tinggi dibandingkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRuslan, Dede196507041990031002
Call Number: SK-2017 EKO 097
Keywords: Numbered heads together; Mind mapping dan hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Jul 2017 08:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25001

Actions (login required)

View Item View Item