PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN SIKAP GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN PEMASARAN KELAS X PADA BIDANG STUDI PEMASARAN ONLINE SMK 01 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Sipayung, Systra Novany (2017) PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER DAN SIKAP GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA JURUSAN PEMASARAN KELAS X PADA BIDANG STUDI PEMASARAN ONLINE SMK 01 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM. 7131141116. COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM. 7131141116. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM. 7131141116. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM. 7131141116. PREFACE.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM. 7131141116. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM. 7131141116. TABLES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM. 7131141116. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM. 7131141116. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM. 7131141116. CHAPTER I. pdf.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7131141116. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7131141116. BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya penerapan nilai karakter siswa kelas X pemasaran dan sikap guru yang belum dapat menjadi panutan bagi siswa, yang mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter dan sikap guru terhadap prestasi belajar siswa jurusan pemasaran kelas X pada bidang studi pemasaran online. Penelitian ini dilakukan di SMK 01 Medan dengan sampel sebanyak 73 orang siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitan ini adalah observasi, dokumentasi dan angket atau kuesioner. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi software SPPS23.0. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolonieritas, uji heterokedastisitas, analisis linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu: uji t dan uji F yang dilakukan menggunakan aplikasi software SPSS 23.0. Hasil uji t menunjukan bahwa secara parsial pendidikan karakter memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung = 7,321 > ttabel=1,666 pada taraf signifkan 95%, sikap guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung = 5,488 > ttabel =1,666 pada taraf signifkan 95%. Hasil uji F menunjukkan bahwa pendidikan karakter dan sikap guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan Fhitung = 49,043 > Ftabel = 3,13 dengan signifikansi 0,000<0,05. Hasil perhitungan regresi berganda adalah Y = 9,913 + 0,496X1 + 0,332 X2 dengan koefisien determinasi sebesar 58,4%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pendidikan karakter dan sikap guru terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial dan simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMardhiyah, Ainul197804182008012019
Call Number: SK-2017 NIAGA 011
Keywords: Pendidikan karakter; Sikap guru; Prestasi belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Jul 2017 10:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24853

Actions (login required)

View Item View Item